Skip to main content
Hattrick, Bale Cetak Rekor Bagi Wales

Hattrick, Bale Cetak Rekor Bagi Wales

Wales menang telak 6-0 atas China, Kamis 22 Maret 2018 pada ajang China Cup di Guangxi Sports Center Stadium. Kemenangan Wales atas tuan rumah China menjadi catatan tersendiri bagi Gareth Bale dan Ryan Giggs.

 

Gareth Bale menjadi bintang dengan 3 gol pada menit 3, 21, dan ke-62 dan 1 assist nya untuk Harry Wilson di menit ke-45. 2 gol lagi dicetak Sam Vokes pada menit ke 38 dan 58. Hattrick yang dicetak Bale  dalam pertandingan ini menjadikannya pencetak gol terbanyak melewati rekor Ian Rush dengan 29 gol internasional. Bale mencetak 29 gol dari 69 kali penampilan, sedangkan Ian mencetak 28 gol dari 66 pertandingan.

 

Hattrick terakhir yang dibuat untuk timnas Wales adalah tahun 2004. Saat itu, Robert Earnshaw mencetak 3 gol ketika melawan Skotlandia.

 

Gareth Bale menyatakan menjadi top skorer bagi timnas Wales menjadi pencapaian terbaik dalam karirnya.

 

“Saya rasa ketika masih kecil, saya tidak pernah bermimpi menjadi pemegang rekor bagi Wales. Ini adalah kebanggaan, ” kata Bale. “Saya tidak pernah memikirkannya, tapi sekarang ini menjadi prestasi yang mengagumkan dan pencapaian terbaik dalam karirku.”

 

“Memang menjadi catatan bagus bisa memecahkan rekor, tapi saya tidak bisa melakukannya tanpa rekan setim.”

 

Bale juga mengucapkan pujian pada pelatih Wales, Ryan Giggs. “Semua pasti ingin menyenangkan manager. Ada beberapa hal yang dilakukannya kepada tim dan ini adalah awal yang baik. Kami tahu apa yang dia inginkan dari kami, dan kami tahu kami harus terus berkembang.”

 

Debut Ryan Giggs sebagai manajer Wales berbuah manis.  Dalam laga pertamanya, ia bisa mengantar Bale dan rekan-rekannya mencukur China. Giggs sendiri baru menjadi pelatih timnas Wales Januari lalu menggantikan Chris Coleman.

 

Dia juga mengungkapkan pujian atas anak asuhnya tersebut.

 

“Apa yang harus saya katakan tentang Bale, memecahkan rekor seseorang seperti Ian Rush? Ian merupakan pencetak gol terbaik yang pernah ada,” kata Giggs kepada BBC.

 

“Tentu ini adalah pencapaian yang fantastis. Ini momen fantastik dan ia pantas mendapatkannya.”

 

Dengan kemenangan ini, tim Wales akan menunggu pemenang dari Uruguay melawan Ceko di final. Rencananya pertandingan puncak China Cup akan dilangsungkan Senin 26 Maret mendatang.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial